Pokja III Sosial Forum Masyarakat Statistik, 2023

Pada hari Rabu, 5 April 2023 telah dilaksanakan rapat Pokja kelima Forum Masyarakat Statistik (FMS) yang menjadi rapat ketiga Pokja Sosial. Rapat ini berlangsung secara daring menggunakan zoom meeting. Rapat ini dipimpin oleh Bapak Sonny Harry Budiutomo Harmadi, dan membahas beberapa agenda, meliputi pemeringkatan Regsosek, FKP Regsosek, serta hal-hal lain yang dianggap perlu untuk dibahas.

 

Agenda pertama yang dibahas dalam rapat ini adalah mengenai model pemeringkatan dan FKP Regsosek yang disampaikan oleh Bapak Ateng Hartono selaku Deputi Bidang Statistik Sosial BPS. Dalam paparannya, Bapak Ateng menjelaskan mengenai timeline mengawal FKP 2023, model pemeringkatan baik pra maupun pasca FKP, dan FKP itu sendiri. Selanjutnya, paparan disambung oleh Bapak Rindang Bangun Prasetyo mengenai metode yang digunakan dalam pemeringkatan Pasca FKP. Dalam penerapannya, untuk sementara model yang digunakan adalah model regresi stepwise. Adapun Pak Rindang memberikan dua alternatif metode lain yang dapat digunakan pada proses pemeringkatan, yaitu metode Latent Class Analysis dan Mixture Regression. Kedua metode ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, terdapat beberapa poin penting yang telah disepakati, yaitu sebelum FKP, dilakukan pemeringkatan dan pembentukan prelist. Selain itu, perlu ada kehati-hatian dalam membentuk kategori kemiskinan agar tidak terjadi multitafsir dalam masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembahasan internal dan adanya referensi yang jelas dan berstandar internasional. 

Leave a Reply