Pokja I Pertanian Forum Masyarakat Statistik, 2023

Pokja III FMS Periode 2023-2024 – Pokja Statistik Pertanian I

            Rapat Program Kerja (Pokja) Statistik Pertanian menjadi agenda rapat Pokja ketiga pada Forum Masyarakat Statistik (FMS) periode 2023-2024. Rapat ini dilakukan pada hari Selasa, tanggal 21 Maret 2023, tepatnya pada pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Rapat ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting. Dalam rapat ini, terdapat beberapa agenda pembahasan yang meliputi pengenalan aspek-aspek penting penyelenggaraan Sensus Pertanian (ST) 2023 yang relevan dengan peran FMS, identifikasi peran FMS dan skala prioritasnya dalam penyelenggaraan ST2023, serta hal-hal lain yang dianggap perlu untuk dibahas.

           

Rapat ini tersusun oleh beberapa termin, yang dimulai dari penyampaian materi penyelenggaraan Sensus Pertanian 2023 yang disampaikan oleh Bapak M. Habibullah selaku Deputi Bidang Statistik Produksi BPS. Dalam pemaparannya, disampaikan dasar dan tujuan dilaksanakannya ST2023, informasi strategis yang dihasilkan, moda dan metode pendataan, instrumen pendataan, organisasi lapangan pendataan, alur kegiatan lapangan, rancangan kegiatan, pemanfaatan data hasil untuk kebijakan pertanian, dan harapan dukungan FMS dalam Sensus Pertanian 2023. Pak Habibullah berharap adanya sosialisasi, evaluasi, analisis dan diseminasi serta pemanfaatan Sensus Pertanian 2023.

Kemudian pembahasan pada rapat dilanjutkan dengan sesi diskusi. Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, terdapat beberapa poin penting yang telah disepakati. Di antaranya, adanya pemanfaatan data hasil ST2023 untuk mendorong reformasi subsidi pertanian, pentingnya pemanfaatan geotagging untuk memperbaiki data pemerintah yang sangat membantu untuk perumusan kebijakan, serta perlunya perhatian lebih pada aspek gender pada sektor pertanian.

Leave a Reply