Rapat Pokja Statistik Kebencanaan dan Lingkungan Hidup I FMS, 2021

Rapat Pokja Statistik Kebencanaan dan Lingkungan Hidup, FMS yang pertama membahas materi Statistik Kebencanaan yang akan dipaparkan pada rapat UNSC (United Nations Security Council). Kegiatan  ini dilakukan secara daring dengan Video Conference dan dipimpin oleh Ketua Pokja Statistik Kebencanaan dan Lingkungan Hidup, Dr. Puji Pujiono. Paparan disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Dr. Ateng Hartono.

Pada tahun 2019, telah dirilis rencana pembentukan SDBI (Satu Data Bencana Indonesia) dalam kerangka kerja nasional penanganan bencana di Indonesia. Dasar hukum pembentukan SDBI, tiga diantaranya adalah  SDGs Policy Presidential Decree N0.59/2017, One-Data Policy Presedential Decree No. 39/2019, dan Draft Nat. Policy Indonesia One-Disaster Data. Data dasar yang menjadi cakupan SDBI yakni risiko bencana, kejadian bencana (frekuensi, waktu, lokasi, dsb), dampak bencana, dan pembiayaan terkait bencana. Adapun sumber data yang digunakan berasal dari basic statistics, disaster registry, sectoral/local, dan new data/big data.

Selain perencanaan, aktivitas praktis yang dilakukan terkait statistik kebencanaan berupa pembangunan sistem, kegiatan teknis terkait penentuan standar, mekanisme, integrasi, dan pelatihan serta berperan di forum internasional. Kedepannya perlu ditetapkan standar global, klasifikasi tingkat bahaya bencana secara global, pembaruan identifikasi global terkait kejadian bencana, serta benchmark dan kerja sama teknikal.

Leave a Reply