Rapat Pokja Gabungan FMS, 2020

Topik utama rapat pokja gabungan FMS adalah pembahasan terkait rencana penulisan artikel untuk buletin FMS. Kegiatan rapat ini dilakukan secara daring dengan Video Conference dan dipimpin oleh Ketua FMS, Prof. Bustanul Arifin. Paparan disampaikan oleh Prof. Dradjad Irianto, Dr. Chaikal Nuryakin, dan Bambang Prijambodo, MA.

Dalam rangka memenuhi kewajiban akhir tahun, penulisan policy brief FMS 2020 harus segera diselesaikan. Dari target 10 topik, 3 topik sudah diterima oleh sekretariat, diantaranya: a) Data, IoT, dan Outcome Economy, b) Ekonomi Digital: Dampak terhadap Ekonomi, Pengukuran Statistik, dan Penerapannya dalam Survei BPS, dan c) Resesi atau Tidak Resesi: Penghitungan PDB Triwulanan

Topik pertama, “Data, IoT dan Outcome Economy“ membahas pentingnya pengumpulan data untuk mengamati tingkat keandalan (reliability) produk atau peralatan sebagai sebuah prasyarat penting untuk mendukung tercapainya outcome economy. Kedua, “Ekonomi Digital” membahas dampak e-commerce terhadap perekonomian makro dan bagaimana seharusnya survei rumah tangga yang dilakukan oleh BPS dapat mengadopsi ekonomi digital dalam komponen, indikator, serta teknis survei. Terakhir, topik “Resesi atau Tidak Resesi” membahas metode penentuan resesi dengan q to q atau y on y dan diperlukan pengukuran indikator lainnya sesuai dengan rekomendasi NBER (National Bureau of Economic Research).

Leave a Reply